Pages

Tuesday, March 27, 2012

Robojelly, Robot Ubur-ubur Berbahan Bakar Hidrogen untuk Operasi Penyelamatan Bawah Air


Seorang insinyur asal Amerika Serikat berhasil menciptakan sebuah robot yang dapat menyelam dan bergerak layaknya ubur-ubur. Robot ini dikabarkan akan digunakan dalam operasi penyelamatan bawah air.
Robot ini sendiri dinamakan Robojelly. Robot yang masih dalam tahap awal ini berbahan bakar hidrogen. Secara teori, bahan bakar tersebut tidak akan habis atau mengonsumsi energi yang besar.
Yonas Tadesse, selaku pengembang robot ini mengatakan bahwa Robojelly mampu melakukan gerakan renang sederhana yang membuatnya ideal digunakan sebagai kendaraan.
Cara bergerak robot ini di air sangatlah unik, Robojelly dilengkapi dengan otot buatan yang menunjang pergerakannya di bawah air. Seperti ubur-ubur, otot-otot ini melingkar di bagian dalam tubuhnya yang berbentuk seperti payung.
Ketika berkontraksi, otot ini menutup seperti payung untuk menghempaskan air dan mendorongnya bergerak ke depan. Lalu saat tidak ada aktivitas atau rileks, otot akan kembali ke bentuk semula. Untuk meniru mekanisme otot tersebut, robot ini menggunakan bentuk paduan memori yang dapat mengingat gerakan otot hingga kebentuk aslinya.
Robojelly juga didukung oleh panas yang memproduksi reaksi kimia antara oksigen dan hidrogen di dalam air, serta menggunakan bahan berjenis platina di permukaan luarnya. Panas yang dihasilkan dari reaksi tersebut dikirimkan kepada otot tiruan pada robot untuk menghasilkan energi. Proses ini akan dapat berulang, sehingga robot dapat meregenerisasi bahan bakar dari air dan tidak perlu lagi menggunakan baterai eksternal.